Kalau Semua Wanita Jelek!!!

Kalau Semua Wanita Jelek

Alkisah, dulu ada anak perempuan bertubuh gendut, saking gendutnya, sering dijadikan bahan olok-olok oleh temannya. Dagunya besar, lehernya tidak kelihatan, betis, paha dan lengannya jumbo, menurut olokan temannya yang paling jahat, si gendut ini kalau digelindingkan di jalan raya, pasti jauh sekali menggelinding baru berhenti. Atau kalau pertandingan basket, bolanya tiba-tiba kempes, si gendut ini bisa jadi ganti bola. Jahat memang.
Kabar baiknya, dengan segala keterbatasan, si gendut diberkahi dengan kecerdasan dan kebaikan hati. Jadi dia tidak terlalu ambil hati dengan olok-olok temannya. Lebih banyak tersenyum dan menggeleng saja, tidak membalas. Jika dia merasa olokan itu berlebihan, tidak bisa menahan diri, dia selalu pandai menjawab dengan tepat. Tidak terbayangkan betapa besar sisi kebaikan yang dimilikinya. Sayangnya, di dunia nyata, orang-orang tetap saja bertingkah menyebalkan pada orang baik.
Pada suatu hari, si gendut menumpang angkutan umum, nah, sialnya, di dalam angkutan itu ternyata sudah ada tiga teman sekolahnya yang suka mengolok. Tidak menunggu menit, tiga anak perempuan ini yang memang bertubuh ramping dan kurus berbisik-bisik dengan suara sengaja dikeraskan. Tertawa satu sama lain penuh arti. Menatap si gendut merendahkan.
Si gendut hanya diam, memilih memperhatikan jalanan.
“Eh, tahu nggak sih lu,” Karena sebal dicuekin, yang paling jahat di antara tiga anak ramping itu menyikut lengan si gendut, mencari perhatian sekaligus mencari masalah.
Si gendut menoleh. Masih diam.
“Ini angkot sempit banget tahu, gara-gara sejak lu naik. Lihat nih sesak.” Si anak ramping jahat memonyongkan bibir, “Harusnya ya, ongkos naik angkot itu disesuaikan dengan berat badan. Jadi orang-orang kayak lu, kenanya dobel. Rugi tahu sopirnya.”
Si gendut menelan ludah, hatinya sebal sekali, sementara semua penumpang memperhatikan mereka. Dia berusaha tidak menanggapi, tapi tiga teman sekolahnya ini sengaja benar memancing.
“Nggak dobel kali, say.” Teman si ramping jahat menahan tawa.
“Nggak dobel?” Si jahat pura-pura bloon.
“Nggak, tapi lima kali lipat.”
Mereka bertiga tertawa.
Si gendut menghela nafas, tersenyum, “Sebenarnya ya, tapi saya minta maaf harus bilang ini. Kalau ongkos naik angkot disesuaikan dengan berat badan penumpangnya, maka orang-orang yang kurus kering kayak kalianlah yang rugi. Tidak ada sopir angkot yang mau menaikkan kalian, karena bayarnya terlalu murah, berisik pula.”
Langit-langit angkot lengang. Tawa tiga cewek ramping jahat itu tersumpal. Sedetik kemudian, penumpang lain dan sopir angkot bertepuk tangan. Keren. Membuat tiga cewek jahat itu terpaksa menahan malu buru-buru turun.

***
Vin tertawa lebar saat selesai menceritakan kembali anekdot lama itu, “Ayolah, Jo, lucu sekali bukan?”
Jo hanya mengaduk milkshake di hadapannya. Bibirnya tidak menyungging bahkan sesenti senyum. Bagi Jo anekdot itu sama sekali tidak lucu. Lagipula dia sudah sering mendengarnya.
Demi melihat Jo yang tetap memasang wajah masam, tawa Vin terhenti, digantikan helaan nafas, “Nggak asyik loh, Jo, kalau sepanjang malam kamu cuma diam, memasang wajah kesal seperti ini.”
Dua jam lalu, Vin sebenarnya sedang asyik bekerja, lembur malam-malam menyelesaikan laporan bulanan kantor, ketika Jo meneleponnya mengajak makan malam. Mereka berdua teman dekat, karib sejak sekolah menengah atas dulu. Bagaimana tidak karib? Menurut definisi kecantikan versi industri kosmetik saat ini, Vin yang jerawatan, rambut keriting jingkrak, wajah tirus, ditambah berkulit gelap pula, memang cocok punya teman Jo, yang mirip sudah dengan deskripsi cerita anak gendut tadi.
Mereka berdua dipertemukan sejak masa orientasi sekolah, diolok-olok kakak kelas, dijemur berdua, lantas berteman baik hingga detik ini, melewati tiga tahun SMA, empat tahun kuliah, dan enam tahun bekerja. Vin adalah staf administrasi perusahaan kosmetik, Jo adalah petugas tiketing sebuah biro perjalanan. Setidaknya, meski masa-masa sekolah mereka terasa ‘kejam’, mereka bisa melewatinya dengan baik.
“Ayolah, Jo, dunia tidak berakhir hanya gara-gara seorang customer biro perjalanan menghinamu, bukan?” Vin kembali membesarkan hati, melirik jam di pergelangan tangan, ini sudah dua jam mereka duduk di sebuah kafe dekat kantor Jo.
“Iya, dunia memang tidak berakhir.” Jo menjawab sarkas, “Gunung-gunung seharusnya sudah meletus dari tadi, atau lautan sudah terbelah kalau memang kiamat. Dan kita tidak bisa lagi duduk santai menikmati minuman. Kita sudah berteriak-teriak histeris seperti di film. Arrgghh… Arghhh….”
Vin menatap ekspresi dingin Jo, menelan ludah, setengah antara tertawa, setengah hendak mengeluarkan suara puh, menggaruk rambut keriting jingkrak di kepalanya, aduh, kenapa urusan ini jadi panjang sekali. Walaupun teman karib, Vin keberatan duduk tiada berguna seperti ini, tadi dia sudah menolak ajakan Jo, dia sibuk. Tapi demi mendengar suara Jo yang nelangsa, memohon, baiklah, laporan bulanan yang super penting ini ditunda, urusan bos yang marah-marah nanti saja. Kode darurat. Dia memilih menemani teman terbaiknya.
Vin pikir ini hanya kali kesekian Jo curhat, mengadu. Biasanya, setelah menghabiskan segelas milkshake, mood Jo akan lebih baik, mereka bisa kembali bekerja. Sekarang? Itu sudah gelas keempat bagi Jo—bagaimana tidak jadi gendut itu badan, diberikan asupan kalori tingkat tinggi hanya dalam hitungan dua jam. Dan melihat gelagat wajah Jo, entah masih berapa gelas lagi sebelum perasaan Jo lebih baik.
“Ayolah, Jo, bukankah ini sudah sering terjadi? Yang menghina belum tentu lebih baik, terlepas dari yang dihina juga belum tentu baik. Eh, maksudku, kau juga sudah lebih dari dewasa untuk mengerti kalau ucapan mereka tidak ada artinya. Tidak akan membuat kau lebih jelek, lebih gendut, misalnya.” Vin berusaha bergurau.
Jo melotot, pipi tembamnya memerah marah.
“Sorry.” Vin nyengir.
Sebenarnya muasal masalah Jo simpel.
Tadi siang Jo melayani salah-seorang customer biro perjalanan yang berencana melakukan perjalanan honey moon. Entah kenapa, konsentrasi Jo rendah sekali, dia melakukan kesalahan berkali-kali, mulai dari salah memesan tiket penerbangan, salah memesan kelas hotel, bahkan dia ‘tega’ salah membuat rute pasangan itu tertukar. Customer itu jengkel, menunggu lama, tetap saja tidak selesai-selesai. Akhitnya melempar itinerary perjalanan, sambil berseru minta dipanggilkan manajer, “Aku tidak mau dilayani staf yang satu itu. Sudah lambat, berkali-kali salah, bahkan dia sekalipun tidak meminta maaf sudah membuat calon istriku terbang ke Turki, sementara aku terbang ke Afganistan. Dia pikir itu lelucon yang baik. Lihat, bahkan gajah jumbo itu, paus bunting itu, whatever siapa namanya, tidak tersenyum sedikit pun sejak melayaniku tadi.”
Di tengah situasi tegang, ada customer yang marah-marah, mendengar frase gajah jumbo dan paus bunting keluar, staf tiketing lain yang sejak tadi menonton sontak menahan tawa, menyisakan Jo yang tertunduk sakit hati, dan manajer biro perjalanan yang berkali-kali minta maaf. Menjanjikan agar segera mengurusnya.
“Cantik itu relatif, Jo.” Vin menatap gelas milkshake di hadapannya, tersenyum, memecah lengang barusan, “Kau tahu sendiri bukan, aku bekerja di perusahaan kosmetik. Aku tahu bagaimana strategi dan bisnis kecantikan bekerja.”
“Apa yang mereka bilang? Cantik harus putih? Well, jika akhirnya banyak orang meyakini kalimat tersebut, itu tidak lebih karena marketing perusahaan kosmetik sukses besar. Di negara-negara Asia, misalnya, yang kebanyakan berkulit cokelat, tentu saja perusahaan kosmetik tidak akan koar-koar beriklan, cantik itu cokelat. Mau menjual produk kemana dia kalau semua sudah berkulit cokelat?
“Dan sebaliknya, di negara-negara Eropa, Amerika, yang kebanyakan berkulit putih, perusahaan kosmetik pastilah berlomba-lomba bilang cantik itu cokelat, membuat banyak orang ramai-ramai melakukan tanning, membeli produk menggelapkan kulit, dan sebagainya. Itu hanya permainan kampanye, kepentingan bisnis. Tidak lebih tidak kurang. Masuk akal, kan?”
“Terserah, cantik itu mau putih, mau cokelat.” Jo masih menjawab sarkas, “Yang pasti tidak ada di belahan dunia ini kalau cantik itu gendut seperti gajah jumbo atau paus bunting.”
Vin tertawa kecil, menghela nafas, mulai putus asa, “Ayolah, Jo. Itu hanya lelucon. Lagipula, customer itu sedang jengkel karena kau selalu begitu. Setiap kali melihat teman menikah, tiba-tiba bersedih hati tanpa alasan, melayani customer hendak honey moon, bersedih hati, tidak semangat seperti ikan kehilangan tulang, malah benci. Bahkan bukankah beberapa waktu lalu saat membaca berita pernikahan Pangeran Inggris saja kau memutuskan berhenti menonton televisi, berhenti membaca koran berhari-hari karena bersedih hati. Padahal apa salah mereka kalau mereka menikah, punya pasangan, sementara kita tidak laku-laku?”
Malam semakin larut, Vin melirik lagi jam di pergelangan tangannya, kafe itu semakin ramai sebenarnya, banyak pekerja yang menunda pulang, malas melewati macet, memutuskan duduk ngobrol bersama yang lain.
Sebenarnya perasaan Jo sudah jauh membaik sejak melihat Vin melambai tangan, masuk ke dalam kafe. Tapi mau dibilang apa, lihatlah, terpisah satu meja, di seberang sana, pria idaman satu gedung, Erik Tarore, si tampan, gebetan Jo, sedang duduk menikmati minumannya, dan yang membuat hati Jo tiba-tiba kesal, si tampan itu satu jam lalu ditemani oleh tiga, empat gadis cantik nan ramping, yang cuih, berebut perhatian. Dasar norak. Tidak bisakah mereka sedikit terhormat sepertinya? Yang bahkan ketika satu lift saja dengan si tampan itu, jantung berdetak lebih kencang, susah bernafas, menahan malu.
“Jo, hallo, kau mendengarkanku atau tidak sih? Aku harus kembali ke kantor.” Vin memegang lengan Jo yang melamun, menatap seberang meja.
“Iya.” Jo menjawab pendek.
“Ini sudah hampir jam sembilan, kau harus segera pulang. Aku panggilkan taksi ya.”
“Iya. Terserah.”
Vin mencubit lengan Jo.
“Sakit tahu.” Jo melotot.
Vin tertawa kecil, “Ingat loh, Jo, mau sesakit apapun rasanya dihina orang lain, mau sesebal, sebenci apapun, Jo tidak pernah sendirian. Aku akan selalu menjadi teman baik. Aku akan selalu bersedia mendengarkan. Deal?”
Kali ini, demi kalimat Vin barusan, Jo sedikit mengangkat wajahnya, balas menatap wajah Vin yang tirus, jerawatan, rambut keriting jingkrak di hadapannya. Jo menelan ludah, sungguh di mata Jo sekarang, wajah Vin lebih cantik dari siapapun, wajah yang baik, dan akan selalu baik, “Terima kasih, Vin”
“Nah, gitu dong. Tersenyum.” Vin sudah berdiri, “Aku panggilkan taksi ya, nanti setelah Jo naik, aku harus bergegas ke kantor. Bisa marah sepanjang minggu bosku kalau laporan bulanan itu tidak beres malam ini.”
Jo mengangguk.

***bersambung